Kamis, 08 April 2010

Bacaan Do'a dan Zikir Sesudah Sholat

Bacaan Do'a dan Zikir Setelah Sholat

Setelah melakukan sholat wajib dianjurkan untuk membaca Do'a dan Berzikir. Berikut ini Do'a dan Zikir yang bisa dibaca :

I. Bacaan Zikir

* Astaghfirullahal'azim. Allazi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa'atubu ilaihi.
(dibaca 3x)
Artinya : "Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, tidak ada Tuhan kecuali Dia, yang hidup selama-lamanya berdiri sendiri dan saya bertaubat kepada-Nya".

* La ilaha illa hu wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa 'ala killi syai'in qadir. (dibaca 3x)
Artinya : "Tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya keesaan, bagi-Nya puji-pujian. Yang menghidupkan mematikan dan Dialah atas tiap-tiap sesuatu berkuasa."


* Allahumma antas salam, waminkas salam, wa ilaika ya udus salam, fahayyina rabbana bissalam, wa adkhilnal jannata darassalam, tabarakta rabbana wata'alaita ya'zal jalali wal ikram.
Artinya : "Ya Allah, Zat Maha Penyelamat dan dari Engkau keselamatan. Dan kepada-Mu juga kembalinya keselamatan. maka hidupkanlah kami, ya Tuhan, kembali ke dalam surga, tempat yang sejahtera. Maha berkah Engkau, ya Tuhan kami Yang Maha Agung, wahai Tuhan pemilik keagungan dan kemuliaan ".


* Subhanallah. (dibaca 33x)
Artinya : "Maha Suci Allah ".

* Alhamdulillah. (dibaca 33x)
Artinya : "Segala puji bagi Allah"

* Allahu Akbar. (dibaca 33x)
Artinya : "Allah Maha Besar"

* Allahu akbar kabira wal hamdu lillahi kasira wa subhanallahi bukratawwa asila. La ilaha illa hu wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir. Wa la haula wala quwwata illa billahil'aliyil azim.
Artinya: " Allah (Tuhan) Maha Besar, Maha Sempurna Kebesaran-Nya, dan sebanyak-banyak puji-pujian bagi Allah. Maha Suci Allah pagi dan petang, tidak ada Tuhan yang wajib disembah melainkan Dia, tidak ada sekutu baginya, baginya kejayaan dan baginya puji-pujian, yang menghidupkan dan mematikan dan Dialah atas tiap-tiap sesuatu. Tidak ada daya upaya dan tidak ada kekuatan tanpa pertolongan Tuhan Yang Maha Tinggi dan Maha Besar".

II. Bacaan Do'a

* Alhamdu lillahi rabil'alamina. Allahumma salli'ala sayyidina Muhammadin wa'ala alihi wa sahbihi wa sallim
Artinya : " Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Ya Allah karuniakanlah salam dan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad saw, beserta keluarga dan sahabatnya".

* Allahumma inna nas'aluka 'ilman nafian, wa qablan khasyi'an, wa khalqan mustaqiman, wa hudan qayyiman, wa'amalan mutaqqabalan, wa rizqan wasi'an halalan tayyiban mubaraka.
Artinya : " Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat dari hati yang khusu, akhlak yang lurus (indah), petunjuk yang tegak ( mengarah ke kebajikan), amal yang diterima, dan rezeki yang luas, halal, baik serta penuh berkah ".

* Rabbana zalamna anfusana wa inlam tagfirlana wa tarhamna lanakunanna minal khasirin. Rabbana wala tahmil'alaina isran kama hamaltahu'alal lazina min qablina
Rabbana wala tuhamilna mala taqata lana bihi wa'fu'anna' waghfirlana warhamna anta maulana fansurna 'alal qaumil kafirin.
Artinta : " Ya Allah. Kami telah berbuat aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu, ya Allah, jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami akan menjadi orang yang sesat. Ya Allah Tuhan kami. Janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami. Ya Allah, Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami, ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah, Tuhan kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agama-Mu".

* Rabbanaghfirlana waliwalidina wa lijami'il muslimina wal muslimati wal mu'minina wal mu'minati, al ahya'I minhum wal amwati innaka'ala kulli syai'in qadir.
Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosa kami dan dosa-dosa orang tua kami, dan bagi semua orang islam laki-laki dan perempuan, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, baik yang masih hidup atau yang telah mati. Sesungguhnya Engkau Zat yang Maha Kuasa".

* Allahumagfir lana zunubana wa kaffir'anna sayyiatina wa tawaffana ma'al abrari
Artinya: " Ya Allah, ampunilah dosa kami dan tutuplah segala kesalahan kami, dan semoga jika kami mati nanti bersama-sama dengan orang yang baik".

* Rabbana atina fid dun-ya hasanataw wafil akhirati hasanataw waqina azaban nar.
Artinya : " Ya Allah, berilah kami kenabagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka".

* Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifun wasalamun alal mursalina walhamdulillahi rabbil 'alamina.
Artinya : " Maha Suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan, suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam".

Semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr Wb.
    Maaf...apakah doa" yg kita bc ketiika abis shalat ( bhs Arab), kita hrs menghafalkan jg arti dr doa yg kita bc tersebut ??

    Wassalam: wuri andani

    BalasHapus
  2. Sebaik2nya kita harus memahami pengertian doa yg kita baca krn doa adalah bentuk permohonan dan penyerahan kita kpd Dia.jika tidak adalah lbih baik kita berdoa dlm bahasa yg kita fahami krn dgn memahami maksud disebalik kalimah yg dilafazkan akan menghadirkan kekusyukan dlm kita bermunajat kpdNya.wallahualam.

    BalasHapus
  3. Selain itu di sunnatkan kita mengamalkan doa2 dan munajat para nabi dan rasul serta para auliya serta insan2 yg arifbillah mudah mudahan mdpt keberkatan disisi Allah.wallahualam.semoga Allah memberi petunjuk yg jelas kpd kita semua.tidak berdosa org yg dilahirkan tidak mengetahui tp amatlah besar kerugian mereka yg tidak berusaha utk mengetahui.Maha Suci Allah pemilik segala ilmu pengetahuan.

    BalasHapus